Kurikulum Terbaik

Kurikulum sekolah Jogja Kids Park disusun berdasarkan kurikulum pendidikan tahun 2013 dengan dikombinasikan kurikulum internasional sehingga menjadi kurikulum Jogja Kids Park. Kurikulum Jogja Kids Park bertujuan  mampu menyediakan lingkungan belajar yang mempromosikan perkembangan positif anak didik dalam kekuatan sosial, kognitif, emosional, rohani,  fisik, dan kreatifitas sambil bermain. Anak-anak ditawarkan berbagai kesempatan di mana untuk dapat mengeksplorasi nilai-nilai budi pekerti dan rohani, karakter anak, memperluas kemampuan komunikasi, berkolaborasi, membuat pilihan pribadi, memecahkan masalah dalam kelompok, mengembangkan ide-ide dan menjelajahi informasi melalui beberapa kemahiran.

Kami mendorong anak-anak untuk mengeksplorasi lingkungan mereka dan mengekspresikan diri menggunakan beberapa kemahiran yang memungkinkan diantaranya :  berbicara, bernyanyi, gerakan, menggambar, melukis, menulis, membangun dan merancang, kolase, bermain drama dan musik. Kurikulum kami adalah salah satu yang dibangun di atas kepentingan  anak-anak, karakter anak yang berbeda-beda, pendidikan yang ramah anak, dengan membangun rasa keingin-tahuan pada anak-anak agar dapat berkembang dengan baik.

Melalui kurikulum Jogja Kids Park, anak didik sambil bermain dan belajar memiliki kesempatan untuk terlibat dengan studi mendalam tentang konsep , ide dan kepentingan , yang timbul dalam kelompok. Para guru membantu anak didik agar mampu membuat penelitian , bekerja sama dalam kelompok guna meneliti area yang menjadi perhatian anak, media representasi yang akan menunjukkan dan menampilkan topik , dan pemilihan bahan baku yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas mereka.

Anak-anak didorong untuk berpikir kritis dengan diberikan pembelajaran guna mendiskusikan, membandingkan, bernegosiasi, hypothesis dan memecahkan masalah melalui kerja kelompok. Ditambah dengan pembelajaran dan pendalaman materi Agama  dan memperkenalkan budaya nasional yang disesuaikan dan diselaraskan dengan pemahaman anak-anak, sehingga mereka memiliki pondasi budi pekerti yang luhur, beriman dan bertaqwa, berbudaya, kreatif, inovatif dan berjiwa enterepreneur dengan berwawasan ilmu pengetahuan.

 

 

 

 

 

 

 

Muatan kurikulum Jogja Kids Park berorientasi pada muatan kecerdasan majemuk, sebagai berikut :

  1. Kecerdasan linguistic (Linguistik intelligence) Adalah kemampuan untuk berfikir dalam bentuk kata-kata dan menggunakan bahasa untuk mengekpresikan dan menghargai makna yang komplek, yang meliputi kemampuan membaca, mendengar, menulis, dan berbicara.
  2. Intelegensi logis-matematis (Logical matematich). Adalah kemampuan dalam menghitung, mengukur dan mempertimbangkan proposisi dan hipotesis serta menyelesaikan operasi-operasi matematika.
  3. Intelegensi Musik (Musical intelegence)Intelegensi musik adalah kecerdasan seseorang yang berhubungan dengan sensitivitas pada pola titik nada, melodi, ritme, dan nada. Musik adalah bahasa pendengaran yang menggunakan tiga komponen dasar yaitu intonasi suara, irama dan warna nada yang memakai system symbol yang unik.
  4. Intelegensi kinestetik. Kinestetik adalah belajar melalui tindakan dan pengalaman melalui pancaindera. Intelegensi kinestetik adalah kemampuan untuk menyatukan tubuh atau pikiran untuk menyempurnakan pementasan fisik. Dalam kehidupan sehari-hari dapat diamati pada actor,atlet atau penari, penemu, tukang emas, mekanik.
  5. Intelegensi Visual-Spasial. Intelegensi visual-spasial merupakan kemampuan yang memungkinkan memvisualisasikan informasi dan mensintesis data-data dan konsep-konsep ke dalam metavor visual.
  6. Intelegensi Interpersonal. Intelegensi interpersonal adalah kemampuan untuk memahami dan berkomunikasi dengan orang lain dilihat dari perbedaan, temperamen, motivasi, dan kemampuan.
  7. Intelegensi Intrapersonal Adalah kemampuan seseorang untuk memahami diri sendiri dari keinginan, tujuan dan system emosional yang muncul secara nyata pada pekerjaannya.
  8. Intelegensi Naturalis. Adalah kemampuan untuk mengenal flora dan fauna melakukan pemilahan-pemilahan utuh dalam dunia kealaman dan menggunakan kemampuan ini secara produktif misalnya untuk berburu, bertani, atau melakukan penelitian biologi.
  9. Intelagensi Emosional. Adalah yang dapat membuat orang bisa mengingat, memperhatikan, belajar dan membuat keputusan yang jernih tanpa keterlibatan emosi. Jadi intelegensi emosional disini berkaitan dengan sikap motivasi, kegigihan, dan harga diri yang akan mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan siswa.
  10. Intelegensi Spiritual. Adalah kemampuan yang berhubungan dengan pengakuan adanya Tuhan sebagai pencipta alam semesta beserta isinya.
 

Program Belajar :

  1. Pengenalan huruf dan bunyi ( Pre reading )
  2. Bercerita ( Telling story )
  3. Pengenalan angka dan Matematika ( Pre number and Math )
  4. Sport ( Olahraga )
  5. Kebersihan diri sendiri ( Personal Hygiene )
  6. Kesenian  dan Budaya( Art & Kraft )
  7. Pengenalan sains dan alam ( Intro to science )
  8. Agama dan sosial emosional ( Religion )
  9. Kemandirian ( Life practical skill )
  10. Pengenalan Teknologi ( Computer Class )

Dalam kurikulum Jogja Kids Park perkembangan EQ anak menjadi perhatian utama selain perkembangan IQ.

Aspek-aspek Lain Yang dikembangkan untuk Anak didik di Jogja Kids Park :

  1. Culture and Religion ( Budaya dan Agama )
  2.  Gross and  fine motor skill ( Motorik kasar dan Motorik halus )
  3.  Sensory ( Daya Rangsang / Reflek )
  4.  Socialization ( Bersosialisasi )
  5.  Self help skill ( Kemampuan Penyelesaian Masalah sendiri )
  6.  Language ( Kemampuan bahasa )
  7.  Cognitive ( Kemampuan konsep / kognitif )
Opening Hours

Opening Hours

Mon-Fri: 7am – 5pm
Sat – Sun : OFF 

Halo
Ada yang bisa kami bantu?
Silahkan konsultasi dengan kami :)
Powered by